Cara Mengobati Luka Dengan Kunyit Paling Ampuh

Manfaat Kunyit Untuk Menyembuhkan Luka
Kunyit Menyembuhkan Luka

Luka terbuka atau teriris memang rentan terhadap infeksi dan juga dapat menyebabkan luka bernanah. Jika ini terjadi dan dibiarkan saja tanpa pengobatan bukan tak mungkin dapat menyebabkan infeksi pada seluruh tubuh.

Adalah sangat penting untuk merawat luka dalam langkah pertama untuk mencegah infeksi dan juga mempercepat penyembuhan.

Faktanya ada banyak sekali bahan alami yang tersedia dirumah dan bisa kita gunakan untuk merawat dan menyembuhkan luka, salah satunya adalah kunyit.

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang mudah kita jumpai diberbagai tempat. Tapi jangan remehkan khasiat herbal yang satu ini karena ternyata memiliki kegunaan dalam perawatan luka.

Kunyit mengandung vitamin C dan E bersama dengan senyawa aktif biologis yang dikenal sebagai kurkumin yang merupakan khasiat utama untuk pengobatan.

Suplemen kunyit tersedia dalam berbagai bentuk seperti bubuk, kapsul, tablet, ekstrak cair dan salep, digunakan untuk mengobati beberapa kondisi termasuk bisul, artritis, diabetes, penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Dosisnya berbeda pada orang yang berbeda, tergantung umurnya, kesehatan dan kondisi keseluruhan sedang diobati. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis dan bentuk yang sesuai untuk Anda.

Apa Manfaat Kunyit Untuk Luka Dan Infeksi ?

Kunyit tidak hanya dapat menurunkan pembengkakan dan juga mengurangi nyeri, tapi juga bertujuan untuk mengobati dalam berbagi cara.

Pertama, kunyit termasuk makanan mengandung anti bakteri, jadi ini akan membantu untuk memerangi bakteri yang terdapat pada kulit saat anda mengalami luka, serta mencegah bakteri masuk ke tubuh melalui luka.

Menurut sebuah studi yang dipublikasi tahun 2008 dalam ” The Biochemical Journal” menyatakan bahwa senyawa Kurkumin dapat menghambat pertumbuhan dan juga perkembangan beberapa bakteri termasuk bakteri Staphiyloccus dengan mencegah pembelahan sitoplasma ketika reproduksi.

Selain itu, kunyit juga membantu dalam proses pembekuan darah, ini akan sangat berguna sekali untuk mencegah pendarahan pada luka. Terakhir, yang paling penting kunyit dapat menyembuhkan luka dan juga merawat bekas lukanya, jadi kemungkinan bekas lukanya juga tersamarkan.

Kurkumin juga memperbaiki pematangan dan penautan silang kolagen dan mencegah kerusakan luka akibat radikal bebas, kata sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Molecular and Cellular Biochemistry” bulan Oktober 2006.

obat luka alami

Bagaimana Cara Mengobati Luka Dengan Kunyit

Untuk mengobati luka secara alami dengan kunyit, caranya sangatlah mudah cukup sediakan bahan-bahan sederhananya seperti kunyit secukupnya bisa dalam bentuk bubuk maupun utuh yang kemudian diparut. Jumlahnya disesuaikan dengan seberapa besar lukanya. Siapkan juga perban untuk membalut luka.

Cara membuatnya : Anda tinggal mencampurkan bahan bahan tadi dengan air sehingga membentuk seperti pasta, tidak boleh terlalu encer supaya tidak menetes.

Cara penggunaan : Pastikan luka sudah dibersihkan terlebih dahulu dan tangan anda steril. Jika sudah, langsung saja balurkan ramuan kunyit yang telah dibuat tadi pada lukanya. Akan lebih baik jika luka ditutup dengan perban selama 12-24 jam. Lakukan hal ini selama tiga hari berturut-turut.

Tambahan : Anda juga bisa mencampur ekstrak kunyit dengan minyak kelapa daripada air untuk hasil yang lebih baik dan anti bakteri yang lebih kuat. Selain untuk luka, ramuan ini juga bisa digunakan untuk masker wajah, mengurangi jerawat, kulit kemerahan atau bekas luka.

Manfaat Lain Kunyit

Kunyit bukan hanya efektif dalam menangani infeksi pada luka, tapi juga dapat mengatasi infeksi lain dalam tubuh seperti :

  • Infeksi saluran kemih, yaitu dengan merebus 2 cangkir air lalu tambahkan satu sendok kunyit, untuk menambah rasanya bisa ditambahkan madu.
  • Sakit kepala. Caranya campurkan kunyit dan air untuk membuat pasta yang lengket lalu kemudian oleskan di dahi.
  • Mengurangi nyeri karena keseleo. Campurkan kunyit dengan air, lalu tempatkan kain katun tipis di daerah yang sakit dan oleskan kunyit diatasnya. Balut dengan perban dan diamkan semalaman.
  • Radang amandel. Oleskan pasta kunyit pada tenggorokan untuk penyembuhan segera. Ini akan membantu mengurangi nyeri dan bengkak
  • Sakit gigi dan gusi bengkak. Campurkan bubuk kunyit dengan minyak cengkeh untuk membuat pasta. Oleskan pada gigi yang sakit juga bagian luar mulut yang bengkak. Cara ini dapat menurunkan nyeri serta peradangan.

Apakah Ada Efek Sampingnya ?

Suplemen dari kunyit umumnya aman digunakan. Namun konsumsi jangka panjang secara berlebihan dapat menyebabkan masalah perut dan juga perlukaan.

Mungkin juga berdampak pada penurunan gula darah  jika dikonsumsi dengan obat diabetes. Begitu juga dengan obat-obatan antasida serta anti platetet.

Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter, terutama jika anda sedang melakukan pengobatan medis.