Kenapa Luka Lama Sembuhnya dan Susah Kering ?

Kenapa Luka Lama Sembuh
Luka Sulit Sembuh

Memiliki luka apalagi luka yang termasuk besar dan parah memang akan sangat mengganggu.

Ditambah lagi jika ternyata sudah berminggu-minggu tidak ada tanda-tanda mau kering alih-alih sembuh.

Jika sudah demikian sudah seharusnya anda mulai mencari tahu penyebabnya, karena luka yang sulit kering bisa saja menjadi pertanda serius dan merupakan jenis luka kronis.

Segera konsultasikan dengan dokter mengenai masalah yang anda alami, ditakutkan luka kronis yang tidak ditangani dapat memicu komplikasi yang lebih berbahaya.

Apa saja kemungkinannya jika luka tidak kunjung sembuh ?

Dari beberapa sumber terpercaya, kami telah merangkum sejumlah kemungkinan faktor penyebab Kenapa Luka Lama Sembuhnya.

Berikut ini diantaranya..

1. Infeksi

Salah satu alasan paling mungkin kenapa luka sampai lama sembuhnya ialah karena adanya infeksi.

Infeksi akan memperlambat proses penyembuhan serta menimbulkan komplikasi lain. Ciri-ciri dari infeksi biasanya anda akan mengalami demam ringan, sekeliling luka yang berubah menjadi kemerahan, nyeri semakin bertambah serta keluar cairan nanah dari luka.

Jika sudah demikian mengkonsumsi antibiotik oral ataupun antibiotik oles pada luka bisa jadi alternatif.

2. Kekurangan Nutrisi dan Oksigen

Alasan lainnya, mungkin anda kekurangan nutrisi yang penting dalam proses regenerasi sel.

Tubuh anda memerlukan Vitamin A, Vitamin C, Zinc, Protein, serta kalori total dalam penyembuhan luka. Anda membutuhkan 3 kali lebih banyak nutrisi dari biasanya ketika memiliki luka.

Oksigen juga memberi peran penting dalam penyembuhan luka. Saat kita terluka, kulit sebenarnya memiliki mekanisme alamiah dalam membentuk sel jaringan baru hingga luka dapat tertutup dengan sempurna. Dan proses tersebut membutuhkan oksigen yang cukup.

3. Kelebihan Gula Darah Dan Lipid

Pada penderita Diabetes melitus penyembuhan luka akan mengalami gangguan. Bahkan pada banyak kasus berakhir dengan amputasi.

Kelebihan gula menyebabkan sirkulasi darah yang buruk sehingga berbagai nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk regenerasi sel tidak tersalurkan.

Dan lagi, akibat dari peredaran darah yang buruk jugalah sistem kekebalan tubuh melemah sehingga infeksi akan lebih mudah terjadi.

4. Trauma Berulang

Seringkali meski kita memiliki luka yang belum sembuh tetap memaksakan beraktifitas. Padahal aktivitas tertentu dapat memperparah luka.

Tekanan, benturan dan gesekan yang berulang bisa membuat luka terus basah dan lembab sehingga lama untuk sembuh. Sebaiknya beristirahatlah untuk sementara waktu sampai lukanya mengering.

5. Penanganan Pembengkakan

Pada beberapa jenis luka seperti akibat kecelakaan atau benturan biasanya akan diikuti dengan pembengkakan pada jaringan disekitarnya.

Jika pembengkakan ini tidak segera ditangani, proses penyembuhan lukanya juga akan lama karena semakin membengkak jaringan akan semakin tebal sehingga oksigen sangat sulit menjangkau ke bawah kulit.

6. Penyakit Autoimun

Kehadiran penyakit autoimun juga patut ducurigai menjadi biang keladi luka yang susah sembuh.

Penyakit seperti Hemofilia, yaitu kelainan pada sistem pembekuan darah membuat darah sulit membeku dan mengering sehingga darah terus keluar. Begitu juga dengan orang yang memiliki penyakit Lupus.

Cara Merawat Luka Agar Cepat Kering

Langkah-langkah berikut ini bisa anda lakukan untuk merawat luka dengan baik :

  • Bersihkan luka secara teratur terutama jika perban atau pembalut luka basah dan kotor
  • Pastikan tangan anda steril sebelum melakukan perawatan luka untuk mencegah infeksi
  • Sebainya luka dibersihkan dengan cairan saline normal biasanya dijual di apotik atau jika tidak ada bisa menggunakan air kemasan. Lakukan dengan hati-hati dan tidak terlalu keras
  • Hindari penggunaan cairan alkohol atau antiseptik jika tidak terdapat tanda infeksi seperti kulit kemerahan atau bengkak.
  • Menjaga luka agar tetap kering dan rutin mengganti perban.
  • Ikuti dengan konsumsi makanan yang bergizi untuk mensuport proses penyebuhan seperti telur, kacang-kacangan, tomat, buah citrus, brokoli dan sebagainya.

Agar luka anda cepat kering serta cepat sembuh anda bisa mencoba mengobatinya dengan bahan alami seperti teripang emas yang dapat mempercepat penyembuhan luka 3 kali lebih cepat.

Untuk informasi lebih lengkap silakan klik link berikut Obat Luka Alami.